Senin, 12 Desember 2011

Kamus hotel di Departemen Accounting

Kamus hotel di Departemen Accounting




Account : Kegiatan mencatat aktivitas keuangan dalam kurun waktu tertentu, seperti pembayaran, pengiriman dan hutang.

Company Account: pembayaran oleh pihak perusahaan terhadap biaya yang dikeluarkan oleh staf/orang lain yang melakukan bisnis bagi perusahaan tersebut.

Account number : Nomor yang digunakan untuk mengakses account atau menyelesaikan account / rekening tamu lainnya (contohnya: kemana beban biaya akan ditempatkan) yang juga dikenal sebagai nomor folio.

Account Settlements : Pembayaran atas tagihan yang belum dibayar oleh tamu atau buku besar tamu.

Accruals : Pengakuan kejadian dan kondisi menurut saat timbulnya, bukan pada saat penerimaan atau pembayarannya. Jumlah yang masih harus dibayar.

Additional Charge : Penambahan biaya terhadap harga kamar yang dibebankan kepada tamu karena melebihi bataswaktu check-out (lebih dari dua jam) atau adanyatambahan penghuni kamar.

Advance Reservation Deposit : Sejumlah uang muka untuk pembayaran yang diterima oleh hotel dari tamu atau travel agent atas pemesanan kamar. Besarnya uang muka biasanya minimal harga satu malam kamar ditambah dengan pajak dan pelayanan.

Advance Deposit : Sejumlah uang yang dibayarkan sebagai jaminan pemesanan reservasi kamar, dapat dibayar sebagian dari harga kamar.

Advanced Payment : Pembayaran dimuka atas gaji, upah, komisi sebelum pekerjaan diselesaikan.

Airlines Rates : Harga khusus untuk awak pesawat serta staf penerbangan komersial diberikan tarif kamar khusus yang biasanya berupa potongan harga kamar sebesar 25% sampai 50% dari tarif normal/biasa.

Airlines Voucher : Sebuah kertas berharga dapat digunakan oleh tamu untuk melakukan check-in pada hotel tertentu sesuai dengan yang ditunjuk oleh pihak perusahaan penerbangan

AMEX (American Express) : Salah satu jenis kartu kredit yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai transaksi bisnis.

Approval Number : Nomor persetujuan yang diberikan oleh bank jika tamu menggunakan kartu kredit sebagai cara pembayaran.

Audit : Pemeriksaan laporan keuangan atau pemeriksaan lainnya mengenai kebenaran bukti formil maupun bukti materiil atas suatu transaksi yang bersangkutan.

City Ledger : Kumpulan rekening tamu/guest bill yang tidak menginap di hotel.

Cheques : Cek adalah alat tertulis yang ditandatangani oleh nasabah bank, yang memerintahkan kepada bank untuk membayar sejumlah uang tertentu yang tertulis pada cek tersebut.

Corkage : Biaya yang dikenakan pada tamu apabila tamu membawa makanan dan minuman dari luar hotel.

Credit Cards : Kartu kredit yang biasa dipakai untuk melakukan transaksi dan pengambilan uang tunai  mengeluarkannya.

Cross-Training : Pelatihan antardepartemen atau antarbagian dalam satu departemen.

Currency : Uang logam atau kertas yang berlaku di negara tersebut, foreign currency: mata uang asing.

Database : Kumpulan data yang belum diolah.

Deposit : Uang muka yang diberikan oleh tamu berkaitan dengan aktivitas yang akan dilaksanakan di hotel tersebut.

Depreciation : Merupakan penyusutan atas aktiva tetap yang dimiliki oleh perusahaan.

Draft : Catatan kasar sebelum surat dibuat.

Financial Report : Laporan keuangan yang meliputi: neraca, laporan rugi laba, serta laporan lainnya dari suatu perusahaan.

Journal : Buku harian yang mencatat setiap transaksi yang bersifat keuangan dalam suatu perusahaan.

Journal Entry : Ayat jurnal, daftar yang disiapkan untuk mencatat dalam buku harian.

Market Place Trend : Suatu kondisi pasar tertentu yang menjadi sangat potensial untuk diikuti mengingat konsumen sangat menyukainya, sehingga para produsen pun harus jeli untuk mengembangkan strategi khusus meraih minat konsumen.

Market Trend : Kecenderungan pasar.

Name tag : Papan nama.

On the job/workplace : Di tempat kerja, pelaksanaan kerja yang diawasi langsung.

Petty Cash : Sejumlah uang tunai yang disediakan untuk membayar pengeluaran yang jumlahnya relatif kecil.

Positioning : Upaya perusahaan untuk menanamkan image dan kesan yang baik dan mendalam di benak
konsumen sehingga mempengaruhi pemilihan dan keputusan pembelian konsumen.

Pre-Payments : Pembayaran di muka atas barang atau jasa yang akan diterima.

Presentation Sales : Keterampilan menyampaikan informasi suatu produk kepada pelanggan dengan tujuan menstimulasi minat mereka terhadap produk tersebut.

Profit & Loss : Uraian pendapatan dan pengeluaran produksi.

Profit And Loss Statement : Laporan laba rugi yang dibuat oleh perusahaan pada periode tertentu.

Quality Assurance : Semua jenis pekerjaan (tahapan kerja) harus terencana dan sistematik yang diimplementasikan dan didemonstrasikan guna memberikan kepercayaan yang cukup bahwa produk yang dihasilkan akan memenuhi persyaratan kualitas tertentu.

Reconciliation : Menentukan item mana saja yang menyebabkan perbedaan dari suatu perkiraan berdasarkan pencocokan dari dua sumber yang berbeda (misal: buku catatan bank dan buku catatan perusahaan).

Register : Mendaftar secara resmi dengan mengisi formulir; cash register: mesin dengan kotak
uang kas yang memperlihatkan transaksi penjualan.

Reimburse : Mengganti pengeluaran kepada seseorang yang telah membayarkan terlebih dahulu.

Return Inwards Journal : Buku harian yang digunakan untuk mencatat penerimaan kembali atas barangbarang yang telah dijual.

Return Outwards Journal : Buku harian yang digunakan untuk mencatat setiap pengembalian atas barang-barang yang telah dibeli.

Revenue : Pendapatan/perolehan yang dihasilkan dari penjualan produk atau jasa.

Sales Call  : Proses menjajaki pelanggan potensial yang dapat dijadikan target dalam melakukan sales untuk periode tertentu.

Sell Merchandise : Penjualan seperangkat barang/produk yang dikemas sedemikian rupa sebagai perusahaan, dapat pula bertujuan sebagai promosi.

Service Charge : Sejumlah uang yang ditambahkan sebagai pembayaran atas jasa/pekerjaan yang diberikan.

Today Arrival List : Daftar tamu-tamu yang datang/check in di hotel pada hari ini.

Today Departure List : Daftar tamu yang berangkat/check out pada hari ini.

Travel Agent : Perusahaan yang khusus mengatur dan menyelenggarakan perjalanan wisata dalam negeri maupun luar negeri.

Traveller Cheque : Sebuah kertas berharga yang menunjukkan sejumlah uang untuk orang-orang yang suka berpergian jauh agar mudah dibawa dan mudah membayar dalam jumlah besar.

Trend Marketing : Kondisi/situasi pasar yang menyebabkan perencanaan pembuatan strategi marketing khusus.

Word Of Mouth Promotion : Promosi yang dilakukan oleh konsumen dari mulut ke mulut tentang suatu produk.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar